PENINGKATAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA UNTUK PROSES PENGERINGAN DI SEKTOR PERTANIAN


     Teknologi pertanian adalah penerapan dari ilmu-ilmu terapan dan teknik pada kegiatan pertanian. Pada awalnya teknologi dibuat oleh manusia untuk mempermudah berbagai pekerjaan yang dilakukan. Dalam 100 tahun ini berbagai teknologi ditemukan oleh manusia mulai berkembang pesat, mulai dari bidang transportasi hingga informasi tidak terkecuali dunia pertanian.


Teknologi Pertanian Di Indonesia

     Teknologi pertanian di Indonesia semakin bagus saja. Tidak hanya pemerintah dan universitas, bahkan perusahaan swasta pun mulai masuk untuk mengembangkan teknologi di bidang ini. Ini adalah pertanda, bahwa petani Indonesia merupakan pasar yang menarik dan siap naik kelas.
     Di Indonesia, perkembangan teknologi pertanian sebenarnya sudah sangat lama seperti alat pertanian cangkul, sabit, ani-ani dan alat lainnya sudah dapat menjadi contoh teknologi pertanian, yang pada zamannya sangat membantu kehidupan petani.
     Semenjak manusia mengembangkan mesin-mesin pertanian secara perlahan, namun pasti, teknologi pertanian yang sederhana mulai ditinggalkan karena dianggap tidak produktif. Di perdesaan anda dapat menemui handtractor, penggiling padi, hingga tressure sudah digunakan dan dikenal oleh para petani. 

Baca juga : Daya Guna Mesin Pengering Padi dan Jagung Untuk Menunjang Produktifitas Para Petani Indonesia 

Sebagai seorang petani, ada 3 jenis teknologi yang akan mampu meningkatkan omset anda. 

1. Benih Unggul
Semua proses pertanian kini hampir semua tidak lepas dari teknologi. Bahkan perusahan benih menawarkan teknologi perbenihan dalam rangka menghasilkan benih yang unggul.
Contoh benih unggul adalah benih jagung hibrida. Jagung ni punya rendemen tongkol yang tinggi, biji yang maikn banyak, dan masa tanam yang lebih singkat.
mesin pengering pertanian, mesin pengering putar, jual pengering pertanian 

2.  Pupuk Kimia
Perusahaan obat-obatan dan pupuk kimia menggunakan teknologi canggih akan menawarkan berbagai macam produknya untuk membantu meningkatkan produktifitas serta menangani hama.
 jual pengering putar, jual pengering jagung, jual pengering padi

3. Alat Pertanian Modern
Perusahaan-perusahaan alat pertanian pun bertebaran menawarkan produknya mulai dari mesin pompa air hingga hand tractor. Sedangkan mesin-mesin untuk digunakan sebagai pengolah setalah panen juga menjadi semakin bertebaran.

Contoh Alat Pertanian Modern di indonesia

Selanjutnya kita akan mendiskusikan mengenai penerapan teknologi pertanian di Indonesia di Bidang Pengeringan untuk Pertanian.


MESIN PENGERING PADI DAN JAGUNG MODEL VERTICAL (VERTICAL DRYER)
Mesin Pengering Padi dan Jagung Model Vertikal (Vertical Dryer) adalah  alat yang berfungsi untuk menurunkan kadar air gabah dengan cara menghembuskan udara panas ke dalam wadah pengering dimana gabah disirkulasikan secara terus menerus sampai kadar air yang diinginkan.




jual pengering vertikal, jual vertikal dryer, jual pengering padi





jual pengering jagung, jual mesin pengering vertikal, jual mesin pengering padi






Pengeringan adalah suatu cara untuk mengeluarkan atau menghilangkan sebagian air dari suatu bahan dengan penguapan melalui pengunaan energi panas. Kandungan air tersebut dikurangi sampai batas tertentu sehingga mikroorganisme tidak dapat tumbuh lagi didalamnya. Pengeringan pada industri biasanya menggunakan suatau alat salah satunya dengan menggunakan rotary dryer. Rotary dryer bekerja menggunakan aliran panas yang mengalir dimana terjadi kontak dengan bahan yang akan dikeringkan. Pengering rotary dryer digunakan untuk mengeringkan bahan yang berbentuk bubuk, granula, gumpalan partikel padat dalam ukuran besar. Pengeringan pada rotary dryer dilakukan pemutaran berkali-kali sehingga tidak hanya permukaan atas yang mengalami proses pengeringan, namun juga pada seluruh bagian yaitu atas dan bawah secara bergantian,  sehingga pengeringan menggunakan alat ini lebih merata dan lebih banyak mengalami penyusutan.

Rotary dryer adalah salah satu jenis mesin pengering yang secara khusus digunakan untuk mengeringkan aneka bahan padatan biasanya berbentuk tepung atau granul/butiran. 
Bahan padatan dimasukkan dari ujung inlet melalui screw conveyor dan dikeringkan sepanjang tabung/drum yang berputar. Adanya kemiringan tabung dan sirip-sirip di dalam tabung/drum menyebabkan bahan akan keluar menuju ujung screw conveyor outlet. Penggunaan DCS (Distributed Control System) bertujuan untuk mengendalikan proses manufaktur secara terus menerus atau batch-oriented. 
DCS adalah suatu sistem kendali terpadu secara otomatis. Rotary dryer paling cocok untuk mengeringkan material yang tidak mudah pecah dan tahan terhadap panas serta membutuhkan waktu untuk pengeringan yang cepat. 

Rotary Dryer memiliki keunggulan diantaranya:

 1. Dapat mengeringkan baik lapisan luar ataupun dalam dari suatu padatan
2. Proses pencampuran yang baik
3. Memastikan bahwa terjadinya proses pengeringan bahan yang merata
4. Menghasilkan efisiensi panas tinggi dan kesinambungan operasi. 
5. Dapat mengeringkan baik lapisan luar ataupun dalam dari suatu padatan
6. Penanganan bahan yang baik sehingga menghindari terjadinya atrisi
7. Proses pencampuran yang baik, memastikan bahwa terjadinya proses pengeringan bahan yang seragam/merata
8. Efisiensi panas tinggi
9. Operasi sinambung
10. Instalasi yang mudah
11. Menggunakan daya listrik yang sedikit
jual mesin pengering jagung, jual pengering jagung vertikal, pengering vertikal murah
Contoh Mesin Pengering Padi dan Jagunf Model Putar (Rotary Dryer)


harga pengering vertikal, pengering vertikal terbaik, jual pengering vertikal
Contoh Mesin Pengering Padi dan Jagung Model Putar (Rotary Dryer)


Mesin Box Dryer merupakan salah satu jenis mesin yang dapat digunakan untuk pengering dari berbagai macam produk dari pertanian. Mesin ini juga bisa disebut dengan mesin pengering multiguna. Mesin box dryer pengering multiguna ini memiliki fungsi untuk mengeringkan aneka bahan seperti padi atau gabah, jagung, kemiri, kedelai, kerupuk, rempah-rempah dan berbagai produk lainnya. Mesin box dryer yang kami tawarkan ini memiliki kualitas yang terbaik untuk proses pengeringannya. Mesin box dryer ini berfungsi sebagai pengering pengganti dari panas sinar matahari. Mesin box dryer inilah cara termudah dan gampang untuk mengeringkan produk.

Teknologi alat / tepat guna
    Bahan bakar bisa Menggunakan briket, batubara atau kayu bakar
    Mesin pengering model knock down (bongkar pasang)
    Mudah Mengoperasikannya
    tenaga kerja sedikit, maksimal 2-3 orang
    Biaya pengeringan gabah lebih murah dari tipe-tipe yang ada di pasaran
    Daya pakai alat relatif cukup lama
    Sangat cocok dioperionalkan pada kelompok tani
mesin pengering padi, mesin pengering jagung, mesin pengering terbaik
Contoh gambar mesin pengering padi dan jagung model box (Box Dryer)




jual pengering padi, jual pengering jagung, jual mesin pengering padi
Contoh gambar mesin pengering padi dan jagung model box (Box Dryer)


mesin pengering pertanian, mesin pengering putar, jual pengering pertanian
Contoh gamba mesin pengering padi dan jagung sistem ruangan (blower jumbo)


jual pengering putar, jual pengering jagung, jual pengering padi
contoh gambar mesin pengering padi dan jagung model 


jual pengering pertanian, jual pengering kopra, jual pengering buah,
Contoh gambar mesin pengering padi dan jagung model ruangan 

Teknologi Pertanian Terbaru
Pada umumnya teknologi pertanian dikuasai oleh korporasi industri. Teknologi yang dulu diproduksi oleh petani perlahan kini digeser dengan produksi pabrik. Oleh karena itu saat ini para petani mau tidak mau harus mengikuti jaman dengan menggunakan berbagai macam teknologi yang ditawarkan. Belakangan ini dunia pertanian mulai merasakan dampak negative teknologi seperti penggunaan pupuk yang berlebihan.
a. Teknologi Pertanian yang lebih terjangkau
Dulu teknologi yang sederhana yang digunakan oleh para petani sangat dekat dan bisa diproduksi sendiri oleh petani. Oleh karena itu pemerintah harus campur tangan agar perkembangan teknologi pertanian ke depan  bisa dimengerti dan dijangkau oleh kantong petani di Indonesia.



b. Ramah Lingkungan untuk keberlanjutan jangka panjang
Kedepannya, teknologi haruslah ramah lingkungan. Para petani pastinya mempertimbangkan akan kelanjutan, dan tidak akan merusak ekosistem harus menjadi prinsip dalam membuat teknologi pertanian.

c. Teknologi ini penting untuk masa depan indonesia dan dunia
Indonesia sendiri merupakan Negara agraris dengan sumber daya alam yang tinggi, sehingga potensi pertanian di Indonesia sangat mendukung. Selain itu Indonesia juga terbentang pada khatulistiwa yang memiliki iklim tropis, sehingga menciptakan keanekaragaman hayati dan menjadi lirikan bagi Negara-negara asing, terutama pada sector pertanian.

Sedangkan pertanian itu sendiri merupakan sebuah sector yang memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia, karena ini menjadi dasar penyediaan sandang, papan, dan pangan dalam menjalankan kehidupan. Di Indonesia sector pertanian menjadi tumpuan kehidupan masyarakat pada umumnya, karena Indonesia merupakan Negara agraris. Oleh karena itu banyak warga Negara Indonesia yang berprofesi sebagai petani.
Peran serta dalam teknologi pertanian adalah untuk keberhasilan produktivitas usaha tani yang dihasilkan. Seiring bertambahnya jumlah penduduk otomatis kebutuhan akan papan, sandang, dan pangan akan semakin meningkat, terlebih pada kebutuhan pangan. Dengan demikian dunia pertanian harus bekerja lebih keras untuk memenuhi kebutuhan pangan dunia, dengan melakukan tahap demi tahap supaya produksi yang dihasilkan dapat memuaskan.



d. Dampak positif dari teknologi pertanian :
Mempercepat Pekerjaan Petani. Pada pengolahan lahan yang luas membuat para petani memerlukan waktu yang cukup lama tanpa adanya teknologi, namun dengan adanya teknologi maka petani akan lebih mudah dan cepat dalam mengolah lahan mereka. Seperti contohnya penggunaan mesin traktor yang dulunyanya menggunakan kerbau.
Meningkatkan Hasil Produksi Pertanian. Petani dulu biasanya menanam jagung biasa namun sekarang dengan cara pengawinan tanaman jagung dapat menghasilkan jagung hibrida yang lebih banyak hasil dan lebih menarik bentuk fisik dari jagung tersebut.
e. Kekurangan dari penggunaan teknologi pertanian :
Apabila teknologi modern yang berkembang hanya mengejar produktifitas tetapi tidak memperhatikan aspek social, lingkungan, dan ekonomi maka teknologi yang awalnya untuk mempermudah malah akan justru mempersulit manusia di kemudian hari.
Dulunya tanaman sayur dan buah hanya perlu disiram setiap hari dan memberi pupuk kompos, namun sekarang karena kondisi tanah tidak sama seperti dulu maka harus menyiraminya dengan pompa dan sekarang hama tanaman yang bermacam-macam harus dibasmi dengan menggunakan pestisida, ini guna mengusir serta membunuh hama tanaman. Yang akibatnya hasil akan berbahaya untuk dikonsumsi karena mengandung pestisida.



Terimakasih telah membaca artikel kami, jangan lupa kunjungi artikel kami lainnya di:





Referensi perusahaan-perusahan nomor 1 di Indonesia yang memproduksi mesin pengering khusus pertanian ada dibawah ini:





Komentar